Pendidikan Jasmani

Ilmu Kesehatan dan Olahraga

Tentang Jurusan

Ini dia info lengkap tentang jurusan impianmu. Yuk, kenalan lebih dekat!

Pendidikan jasmani adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan dan pemahaman tentang aktivitas fisik, olahraga, dan kesehatan secara menyeluruh. Ini melibatkan pengajaran dan pembelajaran tentang aktivitas fisik, olahraga, permainan, dan konsep-konsep penting terkait kesehatan dan kebugaran. Pendidikan jasmani berkontribusi pada perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial siswa. Pendidikan jasmani memiliki peran penting dalam pendidikan holistik siswa, dengan fokus pada pengembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial yang seimbang.

Prospek Karier

Sudah terbayang mau jadi apa setelah lulus? Ini beberapa pilihan karier yang bisa jadi pilihanmu.

Lihat Karier Lainnya

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang

Rekomendasi Kampus

Temukan kampus yang banyak diminati dengan reputasi baik, lulusan berkualitas, dan prospek kerja yang cerah

university
Negeri
logo
Universitas Negeri Jakarta
Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah mendirikan berbagai kursus pendidikan guru. Sekitar tahun 1950-an, pada jenjang di atas pendidikan menengah didirikan B-I, B-II, dan PGSLP yang bertugas menyiapkan guru-guru untuk sekolah lanjutan. Usaha-usaha untuk meningkatkan mutu dan jumlah guru terus dilakukan melalui pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri P dan K No. 382/Kab tahun 1954. PTPG ini didirikan di empat kota yakni Batusangkar, Manado, Bandung, dan Malang. Dengan demikian terdapat dua macam lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga guru, yaitu Kursus B-I/B-II/PGSLP dan PTPG. Kedua lembaga ini kemudian diintegrasikan menjadi satu lembaga pendidikan melalui berbagai tahap. Pada tahun 1957, PTPG diintegrasikan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada universitas terdekat. Berdasarkan PP No. 51 tahun 1958 Fakultas Pedagogik diintegrasikan ke dalam FKIP. Pada tahun 1963, oleh Kementerian Pendidikan Dasar didirikan Institut Pendidikan Guru (IPG) untuk menghasilkan guru sekolah menengah; sementara berdasarkan Keputusan Menteri P dan K No. 6 dan 7, tanggal 8 Pebruari 1961 Kursus B-I dan B-II diintegrasikan ke dalam FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi yang juga menghasilkan guru sekolah menengah. Dualisme ini dirasakan kurang efektif dan mengganggu manajemen pendidikan guru. Untuk mengatasi ini maka kursus B-I dan B-II di Jakarta diintegrasikan ke dalam FKIP Universitas Indonesia. Melalui Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, ditetapkan integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru. Salah satu butir pernyataan Keppres tersebut adalah bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta. FKIP dan IPG diubah menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). FKIP Universitas Indonesia dan IPG Jakarta diintegrasikan menjadi IKIP Jakarta. Dalam perkembangan selanjutnya IKIP diberi perluasan mandat untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan dalam wadah universitas. IKIP Jakarta sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, dan peresmiannya dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara. Hari jadi Universitas Negeri Jakarta ditetapkan sama dengan hari jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang merupakan cikal bakal Universitas Negeri Jakarta yaitu pada tanggal 16 Mei 1964.
university
Swasta
logo
STKIP Taman Siswa Bima
STKIP Taman Siswa Bima terinspirasi dari pengalaman panjang sang Pendiri (pemilik) Yayasan Drs. H Sudirman yang sejak tahun 1980-2002 mendirikan dan mengelola sekolah-sekolah menengah, termasuk Lembaga-lembaga kursus. Di dukung oleh latar belakang pendidikannya sebagai guru (pengajar) lahirkan tekad dan semangat dengan daya juang tinggi untuk mendirikan dan mengelola perguruan tinggi dan perguruan tinggi tersebut bernama STKIP Taman Siswa Bima. Dengan visi, misi dan rencana strategis (renstra) yang terukur dan dengan dukungan tenaga pengajar / dosen yang telah memiliki jabatan fungsional dan kepangkatan akademik, STKIP Taman Siswa terus membuktikan eksistensinya, hal itu terlihat dari dosen STKIP Taman Siswa yang tengah studi lanjut (S2 dan S3) di perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Saat ini seluruh prodi tersebut telah terdaftar di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal tersebut menandakan bahwa kami telah menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar nasional. Adapun visi misi STKIP Taman Siswa Bima adalah sebagai berikut: Visi : Menghasilkan Sarjana Pendidikan yang BERADAB dengan keunggulan Kewirausahaan yang Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2029. Misi : 1. Menyelenggarakan tridarma untuk memenuhi tuntutan masyarakat atau pengguna lulusan Pendidikan Tinggi. 2. Menyiapkan Lulusan atau Ilmuwan dibidang Kependidikan yang memiliki kemampuan, keahlian Akademik dan ketrampilan menuju manusia yang beradab dan berdaya saing. 3. Menyelenggarakan penelitian, pengabdian pada masyarakat yang kreatif, inovatif baik pada level regional, nasional maupun internasional. 4. Menyelenggarakan penerapan kurikulum kewirausahaan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). 5. Menjalin kerjasama dengan stakeholders secara simultan yang saling menguntungkan dengan pemerintahan daerah ditingkat regional, nasional maupun iternasional. Tujuan : 1. Meningkatkan keunggulan institusi dan program studi dalam peringkat nilai akreditasi dan pengembangan sumber daya manusia yang Beradab. 2. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang profesional, kreatif, inovatif dalam pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi yang di landasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa. 3. Mengembangkan kurikulum pendidikan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang di landasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa yang berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 4. Meningkatkan penelitian, pengabdian pada masyarakat yang kreatif, inovatif baik pada level regional, nasional maupun internasional 5. Meningatkan kerjasama dengan stakeholders secara simultan yang saling menguntungkan dengan pemerintahan daerah ditingkat regional, nasional maupun iternasional dalam pengembangan ipteks dan riset.
university
Negeri
logo
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tidak dapat dipisahkan dari bagian utuh perjalanan panjang pendidikan nasional. Dengan telah menghasilkan sekitar 80.000 lulusan, Unesa berani memosisikan diri sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi yang mampu merencanakan pengembangan untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, mengevaluasi diri untuk menyiapkan lulusan yang berdaya saing tinggi (nation competitiveness) dan berjiwa kewirausahaan (entrepreneurship), serta mengatur segala kegiatannya dalam suatu mekanisme organisiasi yang sehat (organizational health). Unesa harus mandiri (autonomy) sebagai sebuah Badan Hukum Pendidikan Pemerintah (BHPP) seperti yang diamanatkan oleh UndangUndang Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Sejarah Unesa tidak dapat dipisahkan dari IKIP Surabaya yang dimulai sekitar tahun 1950. Berawal dari kursus BI dan BII bidang Ilmu Kimia dan Ilmu Pasti yang memanfaatkan sarana dan prasarana berupa ruang kelas dan laboratorium dari pendidikan Belanda, Hoogere Burger Schol (HBS). Kursuskursus tersebut diselenggarakan di Surabaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru setingkat SLTP dan SLTA. Kursuskursus tersebut meliputi: (a) BI dan BII Kimia, (b) BI dan BII Ilmu Pasti, (c) BI Bahasa Inggris, (d) BI Bahasa Jerman, (e) BI Teknik, (f) BI Pendidikan Jasmani, (g) BI Ekonomi, (h) BI Perniagaan, dan (i) BI Ilmu Pesawat. Pada tahun 1957, kursuskursus BI dikelompokkan menjadi dua, yaitu (1) Kursus BI Umum, yang meliputi Bahasa Inggris dan bahasa Jerman, dan (2) Kursus BI Kejuruan, yang meliputi Kimia, Ilmu Pasti, Ekonomi, Perniagaan, Teknik, Pendidikan Jasmani, dan Ilmu Pesawat. Kursuskursus tersebut berlangsung sampai tahun 1960.
Lihat Kampus Lainnya
Menu
Profil
Riwayat