logo

S1 - Tadris bahasa inggris

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Tadris bahasa inggris di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Program studi pendidikan bahasa inggris adalah program studi yang mengajarkan mahasiswanya tentang penggunaan bahasa inggris untuk keperluan akademik atau keguruan bahasa inggris sehingga prodi ini cocok sekali bagi siswa siswi yang berminat untuk menjadi guru bahasa inggris di masa mendatang.

Mata kuliah ini bertujuan memberi bekal kompetensi kepada para mahasiswa untuk dapat merancang, mengembangkan, menganalisis, memanfaatkan dan melaporkan asesmen kemampuan berbahasa Inggris. Adapun materi yang di muat di dalam mata kuliah ini diantaranya adalah terkait konsep-konsep dasar tentang evaluasi dan asesmen, test & measurement, jenis-jenis assesment, kriteria assessment yang baik, pembuatan dan pengembangan kisi-kisi, pembuatan soal tes yang valid dan reliable, try out, scoring system dan laporan hasil assessment. Proses perkuliahan diselenggarakan melalui kegiatan ceramah, diskusi, presentasi dan penugasan. Penilaian yang digunakan didasarkan pada penilaian yang diperoleh dari partisipasi di dalam kelas, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Tugas individu/kelompok, dan absensi.

Visi:

Menjadi pusat studi pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang islami, berperadaban dan berwawasan kebangsaan dalam membangun masyarakat yang sholeh, moderat, cerdas dan unggul bertaraf internasional tahun 2037

Misi:

  1. Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris untuk menghasilkan pendidik yang ahli, sholeh, profesional, moderat dan berwawasan kebangsaan;
  2. Meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah di bidang bahasa inggris yang bereputasi nasional dan internasional bidang tarbiyah dan keguruan;
  3. Meningkatakan kualitas pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan bahasa inggris;
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan lembaga-lembaga di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional;
  5. Mewujudkan tata kelola dan kepemimpinan yang berintegritas dan

Capaian Pembelajaran:

S3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 (S9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 (S11) Mempunyai ketulusan,  komitmen,  kesungguhan hati  untuk  mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik;

 (P1) Menguasai konsep tentang kebahasaaan, kesusastraan, dan pembelajaran bahasa Inggris secara teoritis, dalam konteks umum (general purpose), akademik (academic purpose), dan tujuan tertentu (specific purposes);

 (P2) Menguasai konsep strategi berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dalam konteks umum (general purpose), akademik (academic purpose), dan tujuan tertentu (specific purposes);

(P4) Menguasai teori dan teknik dasar pengembangan program pembelajaran bahasa Inggris. (KU2) Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

(KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ilmu humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik pendidikan.

 (KU7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskannya yang berada dibawah tanggungjawabnya.

 (KU8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang dibawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran mandiri.

 (KK1) menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Inggris;

(KK4) menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris;

(KK7) memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar; dan

 (KK8) menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman menyenangkan, menantang, dan mengembangkan peserta didik untuk berkreasi.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Psikologi Islam
Jurusan Psikologi Islam merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan dua dimensi penting dalam pemahaman manusia, yaitu ilmu psikologi dan nilai-nilai Islam. Kamu akan diajak untuk menjelajahi dan memahami kompleksitas psikologi manusia dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pemahaman dan penanganannya. Kamu akan belajar mengenai berbagai aspek kepribadian, perkembangan, dan perilaku manusia. Kamu diajak memahami teori-teori psikologi modern dan aplikasinya dalam berbagai konteks kehidupan. Namun, yang membuat jurusan ini unik adalah pendekatan khusus terhadap pemahaman psikologi, yaitu dengan memasukkan perspektif Islam dalam menganalisis dan mengatasi tantangan psikologis. Selain itu, dalam jurusan Psikologi Islam, mahasiswa juga mempelajari sejarah perkembangan psikologi dalam tradisi Islam, mengeksplorasi konsep-konsep psikologis yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis, serta meresapi hikmah-hikmah yang terkandung dalam literatur keislaman yang dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan dalam memberikan layanan psikologis. Jurusan Psikologi Islam bukan hanya sekadar menciptakan para profesional psikologi, tetapi juga mendidik individu yang mampu menggabungkan pengetahuan psikologi dengan spiritualitas Islam, menciptakan keseimbangan holistik dalam memahami dan membantu sesama. Lulusan Jurusan Psikologi Islam diharapkan menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, membawa dampak positif dalam bidang kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis dengan landasan keislaman.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat